Kamis, 23 Desember 2010

Tugas UTS

TUGAS
DASAR PEMASARAN




NAMA : MARINA
NPM : 14210217
KELAS : 1EA12



1. Jelaskan tentang perkembangan dari konsep pemasaran, dan berikan contoh penerapannya dibidang pemasaran produk/jasa tertentu ?

Jawab

Lingkungan , kondisi pasar , sifat produk dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran tersebut. Atau dengan kata lain setiap perusahaan tidaklah sama konsep pemasaran yang di anut.
konsep pemasaran ini dalam perjalanan waktunya mengalami perkembangan (evolusi pemikir).

Konsep Fokus

Produksi Menekan Biaya Produksi Harga(murah) merupakan dasar
Pertimbangan utama pembelian.

Produk Pengembangan Produk Perfomance dan kualitas produk
Mempengaruhi pertimbangan konsumen
untuk melakukan pembelian.

Penjualan Peningkatan Penjualan Usaha penjualan (promosi) harus lebih aktif

Pemasaran Kepuasan Pelanggan Pembelian dan pembelian ulang

Pemasaran Kepuasan Pelanggan Pembelian dan pembelian ulang akan
Sosial dan kesejahteraan dilakukan apabila mendaptkan kepuasan.

Pasar Mengungguli Pasar Pertimbangan atas pesaing

Perkembangan konsep pemasaran tersebut mencerminkan perkembangan penekanan kepentingan perusahaan atas bisnisnya. Perusahaan yang mempunyai konsep produksi, konsep produk,dan konsep penjualan mempunyai kepentingan (orientasi) internal perusahaan lebih dominan. Pada orientasi eksternal pergeseran ke konsep pasar berarti menambah perhatian perusahaan tidak hanya mendasarkan kepentingan perusahaan dan pihak pelanggan saja,tetapi juga perlu memperhatikan kepentingan pesaing.




2. Jelaskan tentang system dan lingkungan pemasaran secara lengkap dan gambarkan skema dan berikan contoh penerapannya di bidang produk / jasa tertentu ?

Jawab :

System merupakan teori relatif yang berusahan menjelaskan pola keteraturan antar hubungan (interelasi) dan ketergantungan (interdependensi) bagian – bagian atau elemen- elemen yang membentuk secara keseluruhan.



Lingkungan Luar – Makro:
Kondisi Perekonomian
Hukum dan Politik Pemerintahan
Teknologi
Perindustrian
Sosial dan kebudayaan



Lingkungan Luar – Mikro

Industri


Pemasok Perantara Pesaing Perantara Pasar


Perusahaan

Lingkungan Internal
Aspek Pemasaran :
Produk, Harga , Promosi, Distribusi

Aspek Non Pemasaran :
Keuangan, Personalia, Produksi,Penelitian dan Pengembangan


Misalnya :
Pemasok kulit Produsen Sepatu Agen
Pemasok modal Pengecer Konsumen
Pasar Tenaga Kerja Pesaing Agen
3. Faktor- faktor lingkungan apa saja membentuk system pemasaran dan berikan salah satu contoh yang menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan pemasaran terhadap kegiatan pemasaran suatu produk / jasa tertentu.

Jawab :

Lingkungan Internal – Mikro
- Perencanaan Barang ( product)
- Penetapan Harga ( price)
- Program Promosi ( Promotion)
- Saluran Distribusi (place)
Kegiatan – kegiatan 4P sebagai bauran pemasaran ( marketing mix).
Lingkungan Eksternal – Makro
Pengaruh – pengaruh tidak langsung yang berada diluar kekuasaan atau kendali pemasar.
- Kondisi Perekonomian
- Hukum, Politik, dan Peraturan Pemerintah
- Kependudukan dan Keseimbangan Lingkungan
- Teknologi
- Sosial dan Kebudayaan.
Misalnya deregulasi otomotif yang dikeluarkan pemerintah, bagi perusahaan tertentu ( misalnya importer mobil mewah ) dapat merupakan peluang untuk mengembangkan usaha, tetapi bagi perusahaan lain (eksportir mobil sederhana) dapat merupakan ancaman.




4. Jelaskan tentang prilaku pasar konsumen dengan menggunakan salah satu model proses pengambilan keputusan pembelian dan gambarkan skema serta berikan contoh penerapannya pada proses pengambilan keputusan pembelian suatu produk tertentu ?

Jawab:

Untuk menjelaskan perilaku pasar konsumen perlu dibangun model analisis yang memadai. Keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau tidak membeli merupakan respon perilaku atas stimulan yang diterima konsumen. Model yang mendasarkan pada arus proses prilaku konsumen ini sering dikenal sebagai model rangsangan –tanggapan ( stimulus respons model )

Model Rangsang - Tanggapan ( S-R Model )


STIMULUS PROSE PRILAKU RESPONS

Pemasaran Faktor Personal Proses
Pengambilan Perilaku
Lingkungan Faktor Sosial Keputusan


Model Proses Pengambilan Keputusan

PERUMUSAN KEBUTUHAN EVALUSAI PENGAMBILAN PERILAKU
MASALAH INFORMASI ALTERNATIF KEPUTUSAN TINDAK-LANJUT







5. Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian suatu produk / jasa dan berikan contoh penerapannya pada proses pengambilan keputusan pembelian suatu produk / jasa tertentu?

Jawab :

Pengambilan keputusan ( untuk membeli atau tidak membeli ) seseorang dipengaryhi oleh faktor personal dan sosialnya.

Faktor personal :
- Motivasi
- Persepsi
- Pemahaman
- Kepercayaan
- Sikap
- Dan kepribadian seseorang
Faktor social :
- Aspek kultur
- Subkultur
- Klas social
- Kelompok referensi
- Keluarga
- Serta peran dan status seseorang dalam kehidupan kelompok.
Misalnya, motivasi seseorang membeli baju bermerk terkenal sebenarnya adalah karena untuk dapat diterima dalam kelompok masyarakat kalangan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar