Kamis, 14 April 2011

Perencanaan ( Managemen )

TUGAS
DASAR management
PERENCANAAN




NAMA : MARINA
NPM : 14210217
KELAS : 1EA12
Perencanaan diperlukan dan terjadi dalam berbagai bentuk organisasi, sebab perencanaan ini merupakan proses dasar manajemen di dalam mengambil suatu keputusan dan tindakan. Perencanaan diperlukan dalam setiap jenis kegiatan baik itu kegiatan organisasi, perusahaan maupun kegiatan masyarakat, fdan perecanaan ada dalam setiap fungsi – fungsi manajemen, karena fungsi tersebut hanya dapat melasanakan keputusan – keputusan yang telah ditetapkan dalam perencanaan.

PERENCANAAN yaitu fungsi seorang manajer yang berhubungan dengan pemilihan dari sekumpulan kegiatan – kegiatan dan pemutusan tujuan – tujuan, kebijaksanaan – kebijaksanaan, serta program – program yang dilakukan.
Kebutuhan akan perencanaan semakin hari semakin meningkat, dimana peningkatan tersebut punya akibat potensial terbesar terhadap sukses atau gagalnya manajemen.
Unsur – unsur Perencanaan :
a. Tindakan apa yang harus dikerjakan
b. Apa sebabnya tindakan tersebut dilakukan
c. Dimana tindakan tersebut dilakukan
d. Kapan tindakan tersebut dilakukanan
e. Siapa yang akan melakukan tindakan tersebut
f. Bagaimana cara melakukan tindakan tersebut.

• Tujuan = menerangkan tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan yang dilakukan.
• Politik = merupakan peraturan yang digariskan dilalui oleh karyawan
• Prosedur = urutan – urutan pelaksanaan yang akan dilalui
• Budget = dikaitkan dengan output yang akan dikeluarkan dalam bentuk angka
• Program = serangkaian kegiatan yang akan dilakukan.

Proses Pembuatan Rencana
1. Menetapkan Tugas dan Tujuan
Suatu rencana tidak dapat diformulir tanpa ditetapkan terlebih dahulu apa yang menjadi tugas dan tujuannya. Tugas diartikan sebagai apa yang harus dilakukan, sedangkan tujuan yaitu suatu atau nilai yang akan diperoleh.

2. Observasi dan analisa
Menentukan faktor – faktor yang akan dapat mempermudah dalam pencapaian tujuan.

3. Mengadakan kemungkinan – kemungkinan
Kemungkinan yang telah diperoleh dapat diurut atas dasar tertentu. Misalnya lamanya penyelesaian, besarnya biaya yang dibutuhkan, efisiensi dan efektivitas dan lain sebagainya.

4. Membuat Sintesa
Sinresa yaitu alternatif yang akan dipilih dari kemungkinan – kemungkinan yang ada dengan cara mengawinkan sintesa dari kemungkinan – kemungkinan tersebut. Kemungkinan – kemungkinan tersebut tidak mungkin di ambil salah satu saja, sebab setiap kemungkinan yang ada mempunyai kelemahan – kelemahan.


RENCANA OPERASIONAL

1. Rencana Sekali Pakai ( Single Use Plan )
Yaitu kegiatan yang tidak digunakan lagi setelah tercapainya tujuan dan ini sifatnya lebih terperinci karena hanya sekali pakai. Misalnya rencana pembelian dan pemasangan mesin komputer dalam perusahaannya untuk mendukung kelancaran kerja. Bentuk rencana ini berupa Program, Proyek, dan Anggaran.

2. Rencana Tetap ( Standing Plan )
Yaitu berupa pendekatan – pendekatan standar untuk penanganan – penanganan situasi – situasi yang dapat diperkirakan terlebih dahulu dan akan terjadi berulang – ulang.
Wujud dari rencana tetap ini adalah berupa Kebijaksanaan, Prosedur, dan Aturan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar