Kamis, 23 Desember 2010

Tugas UTS

TUGAS
DASAR PEMASARAN




NAMA : MARINA
NPM : 14210217
KELAS : 1EA12



1. Jelaskan tentang perkembangan dari konsep pemasaran, dan berikan contoh penerapannya dibidang pemasaran produk/jasa tertentu ?

Jawab

Lingkungan , kondisi pasar , sifat produk dan terutama pandangan pemasar atau pihak yang berkepentingan terhadap pemasaran tersebut. Atau dengan kata lain setiap perusahaan tidaklah sama konsep pemasaran yang di anut.
konsep pemasaran ini dalam perjalanan waktunya mengalami perkembangan (evolusi pemikir).

Konsep Fokus

Produksi Menekan Biaya Produksi Harga(murah) merupakan dasar
Pertimbangan utama pembelian.

Produk Pengembangan Produk Perfomance dan kualitas produk
Mempengaruhi pertimbangan konsumen
untuk melakukan pembelian.

Penjualan Peningkatan Penjualan Usaha penjualan (promosi) harus lebih aktif

Pemasaran Kepuasan Pelanggan Pembelian dan pembelian ulang

Pemasaran Kepuasan Pelanggan Pembelian dan pembelian ulang akan
Sosial dan kesejahteraan dilakukan apabila mendaptkan kepuasan.

Pasar Mengungguli Pasar Pertimbangan atas pesaing

Perkembangan konsep pemasaran tersebut mencerminkan perkembangan penekanan kepentingan perusahaan atas bisnisnya. Perusahaan yang mempunyai konsep produksi, konsep produk,dan konsep penjualan mempunyai kepentingan (orientasi) internal perusahaan lebih dominan. Pada orientasi eksternal pergeseran ke konsep pasar berarti menambah perhatian perusahaan tidak hanya mendasarkan kepentingan perusahaan dan pihak pelanggan saja,tetapi juga perlu memperhatikan kepentingan pesaing.




2. Jelaskan tentang system dan lingkungan pemasaran secara lengkap dan gambarkan skema dan berikan contoh penerapannya di bidang produk / jasa tertentu ?

Jawab :

System merupakan teori relatif yang berusahan menjelaskan pola keteraturan antar hubungan (interelasi) dan ketergantungan (interdependensi) bagian – bagian atau elemen- elemen yang membentuk secara keseluruhan.



Lingkungan Luar – Makro:
Kondisi Perekonomian
Hukum dan Politik Pemerintahan
Teknologi
Perindustrian
Sosial dan kebudayaan



Lingkungan Luar – Mikro

Industri


Pemasok Perantara Pesaing Perantara Pasar


Perusahaan

Lingkungan Internal
Aspek Pemasaran :
Produk, Harga , Promosi, Distribusi

Aspek Non Pemasaran :
Keuangan, Personalia, Produksi,Penelitian dan Pengembangan


Misalnya :
Pemasok kulit Produsen Sepatu Agen
Pemasok modal Pengecer Konsumen
Pasar Tenaga Kerja Pesaing Agen
3. Faktor- faktor lingkungan apa saja membentuk system pemasaran dan berikan salah satu contoh yang menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan pemasaran terhadap kegiatan pemasaran suatu produk / jasa tertentu.

Jawab :

Lingkungan Internal – Mikro
- Perencanaan Barang ( product)
- Penetapan Harga ( price)
- Program Promosi ( Promotion)
- Saluran Distribusi (place)
Kegiatan – kegiatan 4P sebagai bauran pemasaran ( marketing mix).
Lingkungan Eksternal – Makro
Pengaruh – pengaruh tidak langsung yang berada diluar kekuasaan atau kendali pemasar.
- Kondisi Perekonomian
- Hukum, Politik, dan Peraturan Pemerintah
- Kependudukan dan Keseimbangan Lingkungan
- Teknologi
- Sosial dan Kebudayaan.
Misalnya deregulasi otomotif yang dikeluarkan pemerintah, bagi perusahaan tertentu ( misalnya importer mobil mewah ) dapat merupakan peluang untuk mengembangkan usaha, tetapi bagi perusahaan lain (eksportir mobil sederhana) dapat merupakan ancaman.




4. Jelaskan tentang prilaku pasar konsumen dengan menggunakan salah satu model proses pengambilan keputusan pembelian dan gambarkan skema serta berikan contoh penerapannya pada proses pengambilan keputusan pembelian suatu produk tertentu ?

Jawab:

Untuk menjelaskan perilaku pasar konsumen perlu dibangun model analisis yang memadai. Keputusan pembelian konsumen untuk membeli atau tidak membeli merupakan respon perilaku atas stimulan yang diterima konsumen. Model yang mendasarkan pada arus proses prilaku konsumen ini sering dikenal sebagai model rangsangan –tanggapan ( stimulus respons model )

Model Rangsang - Tanggapan ( S-R Model )


STIMULUS PROSE PRILAKU RESPONS

Pemasaran Faktor Personal Proses
Pengambilan Perilaku
Lingkungan Faktor Sosial Keputusan


Model Proses Pengambilan Keputusan

PERUMUSAN KEBUTUHAN EVALUSAI PENGAMBILAN PERILAKU
MASALAH INFORMASI ALTERNATIF KEPUTUSAN TINDAK-LANJUT







5. Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan pembelian suatu produk / jasa dan berikan contoh penerapannya pada proses pengambilan keputusan pembelian suatu produk / jasa tertentu?

Jawab :

Pengambilan keputusan ( untuk membeli atau tidak membeli ) seseorang dipengaryhi oleh faktor personal dan sosialnya.

Faktor personal :
- Motivasi
- Persepsi
- Pemahaman
- Kepercayaan
- Sikap
- Dan kepribadian seseorang
Faktor social :
- Aspek kultur
- Subkultur
- Klas social
- Kelompok referensi
- Keluarga
- Serta peran dan status seseorang dalam kehidupan kelompok.
Misalnya, motivasi seseorang membeli baju bermerk terkenal sebenarnya adalah karena untuk dapat diterima dalam kelompok masyarakat kalangan tertentu.

Pengaruh Tingkat Suku Bunga

PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP KEGIATAN PEMASARAN

Menurunya tingkat bunga bank dari 8% menjadi 5% akan mengakibatkan inflasi yang di sebabkan oleh luasnya uang yang beredar. Dan itu sangatlah berpengaruh pada kegiatan pemasaran karena dengan banyaknya uang yang beredar akan membuat permintaan konsumen akan bertambah. Dan tentu saja harga akan di tingkatkan pula.
Contohnya pada motor, semakin menurunnya tingkat bunga bank, akan semakin banyaknya konsumen yang membeli motor. Hal ini akan memberi peluang-peluang besar bagi para produsen untuk menawarkan suatu produk yang telah di produksi. Dan kegiatan kegiatan produksi akan semakin bertambah. Dengan itu para produsen banyak yang menangkap peluang untuk menjalankan bisnis produksinya dengan harapan meningkatnya daya beli konsumen tersebut. Tetapi selain memberikan peluang, memmberikan ancaman juga terhadap pemasaran karena permintaan konsumen yang meledak sehingga semakin banyak produksi yang di lakukan produsen yang dapat mencemarkan lingkungan. Contohnya seperti yang telah di bahas di atas. Mengapa demikian? Hal tersebut di karenakan kendaraan menggunakan bahan bakar sehingga akan menimbulkan polusi pada lingkungan. Karena pada hakekatnya manusia adalah makhluk yang tidak cepat merasa puas atas apa yang telah dimilikinya. Oleh sebab itu, penurunan tingkat bunga tidak dapat menahan rasa ingin memiliki akan semua hal yang ada dalam diri manusia.

Penurunan tingkat suku bunga
Bank menurunkan bunga adalah langkah yang dapat menyelamatkan kegiatan perbankan dan perekonomian secara menyeluruh. Di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, kebijakan suku bunga tinggi justru memperburuk perbankan dan perekonomian. Dalam kondisi krisis yang seperti ini, suku bunga yang tinggi justru membahayakan kegiatan perbankan karena per kreditan bermasalah juga membesar. Tetapi, perbankan malah melakukan oligopoly dengan sama-sama tidak mau menurunkan suku bunga. Hal itulah yang dapat perekonomian dan pada saatnya dapat membahayakan perbankan sendiri
Perbankan berpandangan bahwa suku bunga kredit tidak turun karena banyak biaya dana yang masih mahal. Sebaliknya, kalangan perbankan mengungkapkan, suku bunga kredit tidak serta-merta turun, karena biaya dana masih mahal. Perkembangan ekonomi saat ini masih menunjukan perlambatan karena kondisi pasar keuangan masih rapuh dengan semakin banyaknya laporan kerugian lembaga keuangan. Perbankan samestinya menindaklanjutkan untuk menurunkan suku bunga pinjaman. Industri tekstil bisa berperan aktif apabila suku bunganya menjadi turun. Dengan demikian kegiatan ekspor semakin meningkat. Bank tidak menurunkan suku bunga karena masih terbilang terlalu hati-hati dalam pengambilan resiko. Suku bunga pinjaman merupakan salah satu factor untuk menjaga sektor riil. Perbankan seharusnya berfikir dengan menurunkan suku bunga kredit, dunia usaha akan bergerak dengan pesat.

Sabtu, 04 Desember 2010

Transformer / TX

Tentara AS Bakal Punya Mobil Terbang
Tentara Amerika Serikat yang bertugas diAfganistan sebentar lagi bakal punya “ mainan” baru : mobil terbang. Mobil yang diberi nama Transformer atau TX ini memang bukan sembarang mobil. Selain berpenggerak empat roda, mobil yang bentuknya mirip Humvee ini punya baling – baling sehingga bisa terbang seperti helicopter. Transformer memang kendaraan supercanggih. Bila tentara amerika tengah melintas gurun lalu dihadang oleh pasukan Taliban, mereka tinggal menekan tombol,lalu kendaraan berubah menjadi helicopter.tentara amerika pun bisa kabur dari sergapan dengan mudah.
Selain bisa kabur dengan cepat, mobil terbang ini bisa dengan mudah mengangkut tentara yang terluka. Mereka tidak perlu lagi menunggu helicopter untuk menjemput. Tingkat keselamatan tentara amerika pun diyakini lebih tinggi berkat kendaraan ini.
Lembaga Penelitian Pertahanan Amerika Serikat atau The Defense Advenced Projects Agency ( DARPA) yang mengembangkan kendaraan lapis baja ini. DARPA telah mengeluarkan uang sebesar 41 juta poundserling. Mereka akan bekerja sama dengan Terrafugia, yang telah lebih dulu mengembangkan mobil terbang. Menurut bos Terrafugia, Carl Dietrich,pembuatan mobil ini akan memakan waktu sekitar lima tahun dan diperkirakan bakal selesai sekitar tahun 2015. Transformer akan terbuat dari baja komposit untuk melindungi prajurit dari tembakan, ledakan dan misil. Kendaraan ini juga bisa menempuh perjalanan sejauh 448 kilometer didarat maupun diudara serta bisa lepas landas dan mendarat secara vertical. Canggihnya lagi tidak perlu keahlian seperti pilot untuk menerbangkan kendaraan ini,karena telah dilengkapi dengan control penerbangan otomatis.

Jumat, 03 Desember 2010

Mengangkat Mental Anak Angkat

MENGANGKAT MENTAL ANAK ANGKAT

Meski pahit, suatu saat kebenaran harus diungkapkan. Intensitas dan kualits komunikasi menjadi penawarnya.
Budi (nama samaran) masih ingat akan kegalauannya 13 tahun yang lalu. Saat itu ia masih duduk di bangku SMA diYogyakarta. Budi curiga dia bukan anak kandung dari ayah dan ibu yang mengasuhnya. Maklum ia hanya anak tunggal. Secara fisik dia berbeda dengan ayanya apalagi dengan ibunya. Budi yang saat itu tinggal indekos jauh dari orang tuanya, sempat beberapakali bertanya mengenai statusnya setiap kali bertemu dengan mereka namun orang tuanya menjawab bahwa ia adalah anak kandung mereka. Merasa tak puas atas jawaban orang tuanya. Budi melarikan diri kedalam kubangan minuman keras dan obat-obatan terlarang. Keluarganya yang tinggal diBali kurang tahu soal kegalauan Budi.
Hingga akhirnya Budi sempat mengalami koma karena menenggak berbagai jenis minuman keras. Ditambah dengan obat-obatan terlarang. Ayah dan Ibunya lalu terbang ke Yogyakarta, mereka mulai kawatir akan komdisi Budi. Kemudian keluarga memutuskan membuka rahasia yang mengantui Budi . setelah sembuh dari koma keluarga memutuskan membertahu muasal Budi. Ternyata orang yang selama ini di panggil oleh Budi, paman dan bibi itulah orang tua biologisnya. Sedangkan selama ini yang di panggil Budi, ayah dan ibu adalah paman dan bibinya.
Menurut pisikolog dari Ashanda Consulting, Aschinfina Handayani, letak persoalan Budi adalah komunikasi. Orang tua kandung belum tentu bisa terbuka komunikasinya. Komunikasi bergantung pada faktor intensitas dan kualitas. Terlebih kominikasi untuk menjelaskan sesuatu yang penting. Dalam kasus Budi komunikasi tidak terjalin, saat ia masih kecil, tidak ada yang menyinggung statusnya. Maklum, semenjak di ambil sebagai anak angkat, Budi ikut ayah angkatnya pindah tugas ke yoygakarta. Namun setelah memasuki usia remaja,Budi sering mempertanyakan tentang statusnya.
Aschinfina menjelaskan, kebenaran status anak angkat sebaiknya diungkapkan saat si anak sidah memasuki akil balig atau saat usia 11-12 tahun. Pada usia ini anak sudah masuk tahapan kognitif dan sudah memakai akalnya dengan logis “ dia dapat menyerap informasi dengan baik”. Namun hal ini perlu di persiapkan. “ persiapan bisa di lakukan sejak masa persekolah atau saat usia SD” kata Aschinfina. Pada saat persekolah, persiapan bisa dilakukan lewat model permainan. Misalnya , dengan model permainan boneka. Si boneka memiliki banyak orang tua yang menyayanginya .
Jika sudah memasuki usia sekolah, persiapan bisa dilakukan dengan memakai nama panggilan yang berbeda pada kedua oran tuanya. “Misal, memnggil bunda untuk ibu kandung biologisnya , dan memanggil mama untuk ibu angkatnya,” kata Aschinfina. Persiapan ini perlu di lakukan agar mental anak angkat tak turun setelah mengetahui status mereka sebenarnya.


Kapan member tahu?
1. Mulailah dengan menjelaskan konsep adopsi saat anak mulai paham. Bicarakan hal-hal yang mendasar dulu.
2. Bagi anak usia peremaja dan remaja, berikanlah kepada mereka fakta yang lebih spesifik.
3. Beri tahu anak remaja dan dewasa muda hanya apa yang ingin mereka ketahui.
4. Pertimbanagkan kesehatan mental anak. Apakah mereka cukup kuat untuk menerima tentang sejarah keluarga mereka. Mungkin anda membutuhkan psikologi untuk bagian ini.
5. Undur waktu hingga anak berusia dewasa jika anda belum siap memberikan penjelasan.


Bagaimana jika mereka bertanya?
S
aat anak angkat bertanya tentang keluarga biologis mereka, ada tiga hal yang harus di ingat. Pertama , umumnya mereka hanya ingin tahu soal asal-muasal mereka. Kedua, mereka tak ingin tahu bahwa keluarga asli mereka pernah melakukan hal-hal buruk, meski mereka ingin mendengar kebenerannya. Ketiga, menyembunykan kebenaran sering kali menjadi bumerang.
Ini yang harus di ingat
1. Cari tahu soal asal-muasal dan sedikit sejarah tentang keluarga anak yang akan di angkat. Jika datang saatnya member tahu, jangan menduga-duga tentang orang tua mereka.
2. Jika bisa menghubungi keluarga asli si anak, tanyakan apakah mereka ingi tahu mereka tahu tentang mereka.
3. Catatlah apapun yang anda dapat. Mungkin itu berguna bila suatu kali anak angkat anda membutuhkannya. Anda tak bisa mengingat semua hal tanpa catatan.
4. Pastikan si anak yakin bahwa anda mengangkat mereka karena anda mencintai mereka.
5. Jangan menghina keluarga biologis mereka. Bagaimanapun, itu adalah keluarga anak angkat anda juga.
6. Jujurlah. Jangan menutupi kenyataan dengan kisah-kisah manis atau membelok-belokanya seolah-olah proses adopsi mereka sangat kacau-balau.

Pemasaran

Merokok jadi pelarian dari tugas berat atau tak menyenangkan, nyaris seperti anak kecil yang suka melamun karena kebanyakan dijejali tugas-tugas PR. Merokok juga merupakan hadiah pada diri sendiri,

knowledgeworkersakan lebih menyenangkan kalau sering dilakukan. Merokok di awal hari mengantisipasi anugerah yang bakal datang, sementara merokok di malam hari menutup hari yang panjang. Rokok adalah jejak waktu modern yang menandai berjalannya waktu, baik di rumah maupun di kantor. Bisa juga untuk meredam ketidaksabaran, merokok membuat waktu berlari lebih cepat dan itulah mengapa orang merokok saat menunggu di stasiun, saat seorang suami menunggu istrinya melahirkan atau seseorang membunuh waktu di balik kerangkeng di penjara. Merokok memberi kenikmatan oral sensual. Rokok juga bisa berfungsi sosial sebagai teman, juga menjadi sarana percakapan dengan diri sendiri. Rokok menegaskan kepribadian sambil menunjukkan hubungan dekat dengan sesama perokok. Kotak rokok, misalnya, menunjukkan jarak dan individualitas. Banyak perokok suka mengamati gulungan asap rokoknya yang kadang membentuk pola-pola di udara, membawa serta rasa cemas dan kekecewaan mereka….

Itulah kutipan contoh hasil penelitian motivasi konsumen di balik perilaku merokok. Motivasi di balik perilaku manusia awalnya lebih dipahami sebagai insting dan dorongan dari dalam, yang pada dasarnya merupakan proses fisiologis yang ada sejak bayi. Keinginan ini lebih merupakan “drive” yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan yang dipicu rasa lapar, haus, perlindungan dan dorongan seksual. Motivasi ini pada dasarnya bersifat negatif dan diperlukan agar bisa bertahan dari bahaya atau keadaan yang tak menguntungkan.

Ahli jiwa terkenal Austria, Sigmund Freud, merintis teori psikoanalisa yang membedakan antara Id, Ego dan SuperEgo. Id adalah insting dasar yang merupakan sumber energi psikis. Id merupakan “sisi hewani” yang memburu kesenangan atau kepuasan hedonis, serta kepentingan diri sendiri dan lebih mementingkan perspektif jangka pendek. Menurut Freud, libido seks merupakan dorongan keinginan yang bersumber dari Id. Menurut teori Psikoanalisis, Id merupakan dorongan ‘tidak sadar’ (unconscious drive), SuperEgo merupakan kemauan ‘sadar’ (conscious drive) yang berfungsi mengontrol Id dan mementingkan kepentingan kolektif jangka panjang. SuperEgo terbentuk dari norma-norma moral dan nilai-nilai lainnya yang bersemayam di hati nurani. Ego berada di antara keinginan hedonis Id dan tuntutan moral SuperEgo (Gambar bawah).

Di antara ranah ‘sadar’ dan ‘tidak sadar’, dalam pikiran kita terdapat ranah ‘bawah sadar’ (sub-conscious). Bagian ‘sadar’ meliputi pemikiran, pertimbangan dan memori spontan seperti mengenali dan mengingat kembali. Dalam bagian ‘bawah sadar’ terdapat pikiran, gagasan dan konsep yang tidak disadari tetapi bisa dipetakan lewat upaya-upaya tertentu. Depth interview, hypnosis, asosiasi bebas, teknik-teknik non-verbal dan teknik proyeksi lazim digunakan untuk mengentaskan pikiran ‘bawah sadar’ menjadi pikiran ‘sadar’.


Penelitian konsumen kualitatif kerap diarahkan ke elemen ‘bawah sadar’ dalam pesepsi, pilihan dan keputusan konsumen: bagian ‘tidak sadar’ terdiri dari pikiran dan gagasan yang dapat diubah menjadi ‘sadar’. Namun, elemen-elemen ‘tidak sadar’ ini mampu mempengaruhi elemen-elemen ‘bawah sadar’ dan ‘sadar’ dalam benak konsumen. Pengalaman traumatis pada masa lalu mungkin tetap bercokol dalam bagian ‘tidak sadar’ dan mempengaruhi proses pada bagian ‘sadar’ dan ‘bawah sadar’.

Salah satu pengikut setia teori motivasi Freudian adalah Ernest Dichter, yang menghabiskan dua-puluh tahun hidupnya guna menafsirkan situasi pembelian dan pemilihan produk dari aspek motivasi bawah sadar. Dichter mengembangkan metode yang kini dikenal sebagai riset motivasi, biasanya mencakup wawancara-wawancara mendalam sejumlah calon pembeli guna mengungkap motif tersembunyi yang menuntun mereka dalam membeli dan mengkonsumsi sebuah produk. Berbagai teknik kreatif dan projektif diterapkan untuk menembus mekanisme bertahan individu, misalnya focus group, asosiasi kata, uji penyelesaian kalimat, story telling, Chinese portraits (menanyakan seandainya anda sekuntum bunga, seekor binatang, dll.), interpretasi gambar, permainan peran, dan kolase.

Riset motivasi berhasil mengungkapkan beberapa temuan menarik yang tak terduga tentang apa yang terjadi dalam benak konsumen ketika dia melakukan pembelian. Namun, metode Dichter kerap dikritik karena dipandang tak cukup saintifik dan banyak dari temuannya dinilai anekdotal belaka. Gambar mencantumkan contoh-contoh motivasi konsumen dalam membeli beberapa jenis produk menurut Dichter.